Home » , » Langkah Pembuatan Interpreter

Langkah Pembuatan Interpreter

Written By MDC Media on Tuesday, 8 January 2013 | 09:39

Jika Anda punya niat untuk membaca tutorial ini, saya asumsikan Anda sudah tahu cara kerja interpter. Interpreter membaca source dalam bahasa X (misalnya file.php, program.py, dsb). Interpreter akan menjalankan program input tersebut, dan menghasilkan output. Kira-kira seperti ini diagramnya:
interpreter.png

Proses itu sudah jelas, tapi Anda membaca tutorial ini karena ingin tahu apa yang ada dalam sebuah interpreter. Sebuah interpreter terdiri atas bagian parser, dan interpreter. Parser menghasilkan sebuah tree yang disebut dengan parse tree. Jadi, isi sebuah interpreter bisa digambarkan seperti ini:
interpreter2.png
Bagian yang umumnya memakan banyak waktu adalah menuliskan bagian parser, oleh karena itu banyak program parser generator yang dikembangkan (beberapa di antaranya YACC, Bison,dan ANTLR). Sebuah parser generator hanya perlu diberikan grammar sebuah bahasa, lalu akan menghasilkan kode program untuk parsing. Kode program yang dihasilkan bisa dikompilasi bersama-sama dengan kode program kita yang lain.
interpreter3.png
Jadi dalam gambaran totalnya, peran parser generator adalah seperti ini:
interpreter4.png
Dengan adanya parser generator, kita hanya perlu berkonsentrasi pada dua hal: seperti apa syntax bahasa kita, dan bagaimana mengeksekusi tree yang dihasilkan oleh parser untuk bahasa tersebut.

sumber : yohan.es
Share this article :

0 comments:


Populer Post

Pengunjung

free counters
 
Support : Whisuma | Morodadi Computer Madiun | MDC Advertising |
Copyright © 2011. Morodadi Komputer M
Creating Website Published by Morodadi Computer dan Advertising Madiun
powered by MDCTEAM