Home » » Contoh Kegagalan Dalam Membuat Website (Rekayasa Perangkat Lunak)

Contoh Kegagalan Dalam Membuat Website (Rekayasa Perangkat Lunak)

Written By MDC Media on Friday, 21 June 2013 | 12:57



KPK Temukan Pemborosan Dalam Proyek IT KPU
Selasa, 25/08/2009 22:00 WIB

Rachmadin Ismail - detikNews


Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mengusut kasus dugaan korupsi terkait proyek IT KPU. Dalam perkembangannya, ditemukan pemborosan di dalam proyek tersebut.

"Ada pemborosan dan keseragaman merek," kata Direktur Gratifikasi KPK Lambok Hutahuruk di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jaksel, Selasa (25/8/2009).

Dari segi aspek pelaksanaan, kata Lambok, terdapat juga ketidakoptimalan dalam aplikasi di daerah. Hal ini terjadi karena KPU terlalu terburu-buru dalam menjalankannya.

Saat ini, kata ketua tim peneliti kasus KPU tersebut, laporan dugaan pelanggaran sedang diolah. Nantinya, tim akan melapor pada pimpinan KPK soal rencana penyelasaian kasus ini.

"Sekarang kita sedang kumpulkan informasi di KPU pusat dan uji petik di 8 daerah. Kita ingin lihat bagaimana proses tender di daerah juga," jelasnya.

Lambok menegaskan, pihaknya akan fokus pada dugaan penyelewengan dalam proses tender murni. Nilai proyeknya mencapai Rp 50 miliar.

(mad/rdf)



ANALISA: 

Proyek IT yang dimaksudkan untuk mempermudah proses pelaksanaan pemilu danpenghitungan suara pemilu ini banyak mendapat kecaman dari berbagai pihak. Disampingkarena ditengarai adanya korupsi di dalam pelaksanaannya, juga ketika digunakan banyakmengalami kegagalan dan bahkan KPU tidak menggunakannya sebagai bahan acuanperhitungan suara, KPU pada akhirnya tetap menggunakan hasil perhitungan suara manual.Proyek IT senilai 170 milyar Rupiah ini hanya menghasilkan polemik di masyarakat daripadamendapatkan manfaatnya. Dari mulai pelaksanaan pemilihan pemenang tender yang kemudianmelaksanakan proyek tersebut sudah bermasalah sehingga manajemen proyek sangat tidakterencana dan amburadul. Banyak pihak yang saling memaksakan keinginan dari mulai partaidan bahkan pengurus KPU sendiri.

KESIMPULAN DAN SARAN:

Terlepas dari keberhasilan dan kegagalan sebuah proyek IT, seharusnya sejak dini sebuahproyek IT direncanakan dengan matang dan dilaksanakan oleh orang-orang yang berkompetensertadapat mengidentifikasikan ukuran keberhasilan dari proyek tersebut mulai dari jangkawaktu yang realistis, perencanaan yang baik, komunikasi yang lancar dan ruang lingkup proyekyang jelas sehingga jia terjadi perubahan dapat diketahui dengan baik .

Share this article :

0 comments:


Populer Post

Pengunjung

free counters
 
Support : Whisuma | Morodadi Computer Madiun | MDC Advertising |
Copyright © 2011. Morodadi Komputer M
Creating Website Published by Morodadi Computer dan Advertising Madiun
powered by MDCTEAM